Tip dan trik budidaya jamur tiram putih (1)

Tips 1 (penyiapan serbuk gergaji)

Serbuk kayu/gergaji yang umum digunakan dalam budidaya jamur tiram putih adalah :

– Kayu sengon laut

– Kayu mahoni

– Kayu nangka/mawar

– Kayu kampung

– Kayu meranti

WARNING, Jangan menggunakan kayu yang bergetah seperti

KAYU CEMARA, DAMAR, PINUS

Tips :

– Budidaya yang termudah adalah menggunakan serbuk gergaji dari kayu sengon laut

– Letakkan kayu di lokasi yang terlindung, sebaiknya jangan kena hujan, karena nanti akan kesulitan dalam menentukan kadar air

– Serbuk gergaji jangan langsung digunakan, tapi timbun dahulu selama kurang lebih 3 minggu

– Pada saat ditimbun, campur lah serbuk gergaji dengan kapur dengan perbandingan: 20 kg serbuk gergaji ditabur sekitar satu genggam kapur.

– Tujuan menaburkan kapur adalah untuk mengatur ph dari serbuk gergaji

– Ada baiknya tetap di cek ph sekitar 7.

– WARNING, jika ph sampai 8 atau lebih 90% akan menyebabkan kegagalan

Triks :

– Ukuran serbuk gergaji yang kasar dan halus menentukan jumlah.

– Sebaiknya pilih ukuran serbuk gergaji yang halus karena lebih mudah dalam pengaturan kadar air, dan juga berat yang didapat biasanya lebih banyak.

– Sebaiknya sesedikit mungkin biaya dikeluarkan untuk serbuk gergaji, idealnya memang budidaya jamur adalah memanfaatkan limbah serbuk gergaji.

– Biasanya di daerah Malang dan sekitarnya, harga serbuk gergaji jika beli curah dalam satu truknya sekitar Rp.1.200.000. Dan bisa menghasilkan kurang lebih 4000 baglog. Berarti biaya per baglog untuk serbuk gergaji adalah Rp.300,-

– WARNING : JANGAN DIBELI JIKA DI KURS KAN KE BAGLOG HARGA DIATAS Rp.500,- Kecuali harga jamur tiram di daerah Anda lebih dari Rp.12.000 /kg di tingkatan petani.

– Umumnya dari satu truk curah, bobot serbuk gergaji dengan kadar air normal adalah sekitar 4-5 ton.

– Lebih menguntungkan membeli serbuk gergaji dalam zak (pakan ternak). Berat rata-rata per zak nya 20kg. Satu truk bisa membawa hingga 250 zak lebih.

Budidaya Jamur Tiram, Per Bulan Bisa Raup Rp1,5 Juta

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh pendapatan uang dari hasil tanaman atau budidaya, jika mampu mengelolanya. Read the rest of this entry

1. Menyiapkan lahan yang ada dan membangun kumbung

Rencana skala bisnis jamur tiram yang ada berkaitan dengan luasan lahan yang kita miliki. Kami memiliki sebuah rumusan untuk menentukan luas kumbung efektif yaitu : luas efektif kumbung adalah jumlah baglog per m2 = 70 angka 70 baglog/m2 ini adalah jumlah efektif baglog per luasan sehingga Read the rest of this entry

Indomie Jamur Tiram Brokoli Saus Spageti

Mie Rambo Sahetty

Bahan:

2 bungkus Indomie Goreng
100 gram brokoli, rebus
6 buah jamur tiram, rebus
2 butir bawang merah
1 batang daun bawang, diiris
1  sendok teh bawang goreng untuk taburan
1 sendok makan margarin untuk menumis


 Saus Spageti:

100 gram daging sapi giling
1 buah bawang Bombay, potong-potong
1 buah tomat, potong-potong
1 buah prapika merah, potong-potong Read the rest of this entry

Tips Budidaya Jamur Tiram di Daerah Panas

Usaha budidaya jamur tiram memang sangat menggiurkan. Dilihat dari segi finansial dapat dikatakan usaha ini layak untuk dijalankan. Apalagi bagi para hobiis ataupun wirausahawan, Read the rest of this entry

Budidaya Jamur Tiram Bermodal 900 Ribu

Takari Bambang Israwan dan kawan-kawan kini memetik sukses. Bermodal patungan dengan teman-temannya yang hanya membutuhkan modal sebesar Rp 900 ribu, kini usaha pembuatan bag log jamur tiram milik Takari Bambang Israwan dan saudaranya meningkat pesat. Dalam sebulan, omzetnya bisa mencapai Rp 15 juta.

 Takari Bambang Israwan dan Agus Mulyadi, warga Dusun Mojorejo RT 11/ RW 03 Desa Pendem Kecamatan Junrejo ini benar-benar memulai bisnis pembuatan bag log dari nol.
 Hanya sekali mengikuti pelatihan singkat tentang pertanian jamur tiram, Takari langsung menerapkan hasil pelatihannya pada September 2007 silam.
 Hasil pelatihan itu langsung diterapkan bersama rekan-rekan satu dusunnya. Bersama 8 orang kawannya, Takari membeli bibit jamur tiram di seorang pengusaha bibit jamur di Pandaan dengan modal awal hanya sebesar Rp 900 ribu.
 Dari modal awal tersebut, didapatkan bibit jamur sebanyak 800 bag log, yang didapat dari salah seorang fasilitator pelatihan yang pernah diikuti oleh Takari. Bibit ini kemudian ditempatkan di sebuah kamar berukuran 3×4 meter yang berada di belakang rumah. Bibit ini tumbuh dan berkembang dan selama 3 bulan bisa dipanen sebanyak 4 kali. Bibit jamur ini kemudian dikembangkan untuk disimpan dalam bag log.
”Saat awal panen, kami bahkan dikunjungi oleh Bob Sadino pengusaha dari Jakarta. Saat itu Bob berkata pada saya, jangan pernah berharap bisa berkembang bila hanya mengandalkan bibit itu saja. Kata-kata dari Bob Sadino inilah yang melecut saya untuk mengembangkan bisnis ini,” urai Takari.
 Dari bibit jamur setelah dipanen ini, kemudian dijadikan untuk pembuatan bag log yang berisi bibit jamur. Selain itu, kelompok usaha ini juga mengambil keputusan untuk tidak menjual bibit jamur, melainkan menjual bag log diambil oleh Takari.
 ”Mereka yang membeli bibit ke saya, bisa menjual jamur tiram hasil panennya kepada saya bila tidak mampu memasarkan,” jelasnya.
 Para pembeli yang datang ke kelompok usaha Takari dan kawan-kawan ini cukup banyak.  Selain masyarakat sekitar Batu dan Malang Raya, ada juga luar kota lainnya yang datang.
 Pada pertengahan 2008, kelompok ini mampu mempekerjakan sebanyak 11 orang warga sekitar untuk proses pembuatan bag log ini. Dalam perkembangannya, 9 orang kelompok ini hanya bertahan 2 orang saja.
 Yakni Takari dan Agus Mulyadi yang masih paman dari Takari sendiri. Dua orang ini kemudian membesarkan usaha pembuatan home industry bag log jamur tiram ini. Untuk bahan dasar, yakni serbuk gergaji didapatkan dari wilayah Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Sumber:  Surabayapost

Jakarta Agro Expo 2011

PD. CAHYA MANDIRI di Jakarta Agro Expo 2011

3—12 juni 2011

Pusat Pengembangan Benih Tanaman
Pangan Hortikultura dan Kehutanan
Jl. Harsono RM No. 1 Ragunan
Jakarta Selatan
  1. Lomba Diversifikasi Pangan Non Beras
  2. Gelar Hasil Perikanan (pameran, bursa, & Kontes Ikan hias)
  3. Lomba Ayam Serama
  4. Lomba Olahan Hasil Ternak
  5. Mini Zoo Taman Margasatwa Ragunan

Pekan Daerah

  • Gelar Agribisnis

Festival buah

  • Lomba Fruit Carving
  • Kursus Agro Gratis
  • Parade Tanaman Langka – Fruit Carving
  • Lomba Menggambar & Mewarnai

Pasar Tani

Bursa

  • Tanaman hias, anggrek, tanaman buah, tanaman herbal, tanaman kehutanan, perikanan, peternakan, kelautan, sarana produksi, dll
  • Pameran dan Klinik Nabati
  • Sertifikasi Benih, Temu Pelaku Benih

informasi:

Dinas Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta
Jl. Gunung Sahari Raya No. 11 Jakarta Pusat
Telp 021-6285483
Hp.          0815 8616 0362 ( Sarwati )
0815 9919 344 ( Suci )
0815 8893 906 ( Diah )
 

Buku Panduan Lengkap Budidaya Jamur Konsumsi

InsyaAllah  dengan  panduan budidaya jamur  Konsumsi ini gambaran menyeluruh mengenai budidaya jamur tiram sudah dapat Anda peroleh dan yang pasti tanpa harus membayar mahal hingga jutaan rupiah.

Untuk satu paket lengkap Buku Plus CD panduan budidaya jamur tiram, Anda hanya perlu berinvestasi  Rp. 250.000. Read the rest of this entry

ingin sukses panen..???pakai bibit berkwalitas….

Bagi pelaku usaha jamur, terjadinya kegagalan dalam pembuatan media (baglog) seperti adanya kontaminasi, bibit tidak tumbuh/mati, miselia tidak sempurna adalah pemandangan yang biasa dialami. Namun hal itu akan mengganggu stabilitas usaha, jika kegagalan tersebut terjadi terus menerus dan dalam jumlah yang besar. Read the rest of this entry

Beberapa faktor kegagalan dalam budidaya jamur

Kegagalan pd Baglog

Kegagalan dalam budidaya jamur tiram Dalam pembuatan baglog jamur tiram, seringkali timbul yellow spot, green spot, gagal menumbuhkan miselium, perkembangan miselium lambat, baglog membusuk, dsb. Kegagalan ini sebenarnya disebabkan oleh berbagai macam faktor, memang faktor kegagalan ini harus juga diperhitungkan agar kita siap dalam mengantisipasinya. Seringkali faktor sterilisasi media dianggap sebagai satu-satunya sebab dalam kegagalan. Padahal proses sterilisasi media hanya merupakan salah satu penyebab saja. Read the rest of this entry