ingin sukses panen..???pakai bibit berkwalitas….

Bagi pelaku usaha jamur, terjadinya kegagalan dalam pembuatan media (baglog) seperti adanya kontaminasi, bibit tidak tumbuh/mati, miselia tidak sempurna adalah pemandangan yang biasa dialami. Namun hal itu akan mengganggu stabilitas usaha, jika kegagalan tersebut terjadi terus menerus dan dalam jumlah yang besar. Kisaran 5 – 20% adalah tingkat kegagalan yang dianggap wajar. Maka apabila terjadi kegagalan diatas 20%, lebih-lebih hal ini sering dialami, itu pertanda hari-hari terakhir usaha jamur akan segera tiba.

BIBIT F2

Hal yang memegang peranan sangat penting dalam keberhasilan pembuatan media jamur (baglog)adalah kwalitas bibit yang ditanam. Jika yang digunakan bibit kwalitas rendah, biasanya pertumbuhannya sangat lambat dan lemah. Lambat dari sisi waktu yang dibutuhkan akan lebih lama, lemah dari sisi kemampuan mengalahkan jamur-jamur liar yang juga ikut tumbuh (kontaminan). Sehingga sudah dapat dipastikan kegagalan akan selalu terjadi.

Berbeda jika kita menggunakan bibit dengan kwalitas sempurna, dari sisi pertumbuhan dia akan lebih cepat sehingga tidak ada kesempatan bagi spora jamur lain untuk tumbuh bahkan jika sempat tumbuh akan dibabat habis oleh mesel jamur yang kita tanam. Dengan demikian penyebab kegagalan seperti terjadinya kontaminasi, bibit yang tiak tumbuh dan lainnya tidak akan terjadi. Maka proses pembuatan baglog pun akan berjalan sempurna dan sukses hingga dipelihara.

Selain itu bibit unggul yang berkwalitas juga berpengaruh pada hasil panen. Jangan heran jika Anda memelihara baglog yang bukan buatan Anda sendiri (Anda membeli ke orang lain), kemudian setelah 2-3 kali panen sudah tidak produktive lagi, besar kemungkinan bibit yang ditanam adalah bibit kwalitas rendah. Karena jika bibit yang digunakan bibit dengan kwalitas unggul, hasil panen akan stabil hingga usia baglog empat bulan bahkan lebih. dengan ritme paling lama dua minggu sekali baglog akan terus menghasilkan panen dengan bobot rata-rata 1 ons per sekali panen.

Oleh sebab itu penggunaan bibit berkwalitas mutlak harus dilakukan jika Anda ingin menghasilkan media tumbuh jamur (baglog) yang produktive sekaligus menekan kegagalan dalam proses pembuatan media.

Posted on Mei 28, 2011, in Agribisnis, Bibit Jamur, Fasilitas Dan Sarana, Media Tanam, Teknik Budidaya and tagged . Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada ingin sukses panen..???pakai bibit berkwalitas…..

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: