Presto sebagai Alternatif Autoklaf

Panci presto dikenal sebagai alat masak untuk membuat masakan menjadi cepat matang. presto juga digunakan utuk membuat daging dan tulang menjadi empuk dan dapat dikonsumsi semuanya tanpa repot. Presto ini pula yang bisa….dibilag sebagai alat sederhana dan mendekati sama dengan autoklaf karena persamaan prinsip kerjanya.

Bila anda perhatikan, presto menggunakan tutup yang rapat sehingga uap air tidak dapat keluar. Hal ini sama dengan autoklaf sehingga kondidi di dalam presto dan autoklaf menjadi bersuhu dan tekanan tinggi. Pada waktu tertentu kedua alat ini mencapai ambang batas atau standar dimulainya perhitungan lama pemasakan. pada presto ditandai bunyi berdesing karena uap air melewati savety valve, sedangkan pada autoklaf ditandai jarum penanda yang menunjuk suhu 121C atau tekanan 17.5 psi.

Perbedaan kedua alat ini hanyalah pada standar suhu dan tekanan sebagai ambang sterilisasi. pada autoklaf jelas ditunjukkan oleh jarum penunjuk suhu dan tekanan sedangkan pada panci presto tidak dilengkapi penunjuk ini. oleh karena itu, anda tidak dapat mengetahui berapa suhu dan tekanan pada saat savety valvenya berbunyi…

Berdasarkan perbedaan tersebut sebenarnya anda dapat menyiasati penggunaan panci presto sebagai pengganti autoklaf untuk pembibitan jamur tiram. Anda bisa menanyakan pada produsen panci presto mengenai suhu dan tekanan yang dihasilkan. Atau dengan cara trial-error yaitu mencoba membuat media tanam terutama bibit PDA dengan rentang waktu 5 menit, 10 menit, 15 menit, 20 menit sampai batas yang dianjurkan dari produsen presto (karena ini menyangkut keamanan kerja).

Media PDA dituang dalam cawan petri secara tipis ditutup rapat dan letakkan pada suhu kamar. Setelah itu anda dapat melihat dengan cara diterawang di depan sumber cahaya, media mana yang terjadi kontaminasi dan mana yang tidak, nah media yang tidak terkontaminasi menandakan waktu pemanasannya dengan presto sudah optimum. Selamat mencoba…

Posted on Mei 7, 2011, in Fasilitas Dan Sarana and tagged . Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Presto sebagai Alternatif Autoklaf.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: