Cara Membuat PSA Jamur Tiram

Saya berharap anda sudah membaca artikel Media Kultur Jamur sebelum membaca artikel ini. Artikel itu sebenarnya hanya untuk membuka wawasan anda saja bahwa secara teknis media PDA jamur tiram tidaklah harus sama, terserah anda!!!…..

Baiklah… walaupun anda boleh memodifikasi media kultur (kami biasa menyebutnya bibit F0) untuk jamur tiram sesuka hati, anda juga perlu tahu komposisi media PDA yang sebenarnya dan cara membuatnya.

Media PDA adalah media yang umum digunakan untuk mikrobiologi terutama mikologi (arti mikologi). Media ini terbuat dari ekstrak kentang (sari kentang), gula dextrose dan agar sebagai pemadat. Media PDA juga telah diproduksi dalam bentuk instan untuk keperluan penelitian dengan kemurnian tinggi (pro analis).

Sedangkan media yang biasa digunakan secara teknis di lapang dalam budidaya jamur tiram dapat disebut media PSA atau Potato Sukrose Agar karena terdiri dari ekstrak kentang, sukrosa (gula pasir) dan agar. Media ini sangat dipengaruhi oleh kandungan masih-masih bahan penyusunnya, seperti kandungan nutrisi dalam ekstrak kentang tergantung dari jenis, umur, lokasi tanam dan sebagainya, begitu pula dengan gula dan agar.

Tapi anda tidak perlu khawatir dengan kemurnian dan ketepatan nutrisi media PSA yang rendah, dengan media ini pun ada sudah dapat menumbuhkan jamur tiram dengan baik. bila anda tertarik ingin membeli media PDA pro analis silahkan mencarinya di toko kimia sedangkan bila anda ingin tahu cara membuat media PSA jamur tiram, berikut ini langkah-langkahnya:

Komposisi Media PSA:

Kentang 200 gram

Agar 14 gram

Gula pasir 20 gram

Air 1 liter

Cara Membuat:

1. Kentang dikupas, dicuci dan diiris dadu 1 x 1 cm

2. Rebus potongan kentang dengan air 750 ml selama 20 menit

3. Pisahkan kentangnya dan ambil airnya (ekstrak / sari)

4. Tambahkan gula, agar dan air ke dalam ekstrak kentang hingga 1 liter

5. Rebus kembali sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Jangan terlalu lama mendidihkannya, angkat ketika air tepat mendidih saja.

6. Tuangkan media PSA cair tersebut ke dalam erlenmayer atau langsung ke tabung vial.

7. Sumbat erlenmayer dengan kapas dan ditutup almunium foil. Tabung vial cukup ditutup kapas dan balut dengan plastik wrapping saja.

8. Sterilisasi media tersebut dengan autoklaf selama 10 menit.

9. Setelah sterilisasi selesai, media PSA pada erlenmayer dapat digunakan bila anda memerlukannya dengan cara memanaskan kembali dan tuang dalam cawan petri ketika masih dalam keadaan panas (karena masih cair), biarkan sebentar hingga mengeras. Sedangkan media PSA dalam tabung vial letakkan miring pada suhu kamar hingga mengeras.

10. Media PSA yang telah mengeras dapat digunakan untuk menanam eksplan (arti eksplan) jamur tiram.

11. Celah pada tutup cawan petri maupun tabung vial selalu dilapisi dengan plastik wrapping agar tidak ada celah dan menghindari kontaminasi.

Demikianlah cara membuat media kultur jamur tiram, semoga artikel ini bermanfaat…

Posted on Mei 7, 2011, in Media Tanam and tagged . Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Cara Membuat PSA Jamur Tiram.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: