Jamur Tiram yang Banyak Dibudidayakan

Jenis-jenis Jamur Tiram yang Banyak Dibudidayakan

Jamur tiram merupakan jenis jamur yang telah banyak dibudidayakan. Ketenarannya di Indonesia mungkin melebihi jenis jamur budidaya lainnya seperti jamur kuping atau jamur merang, bahkan dibandingkan dengan jenis jamur yang nilai ekonominya…..lebih tinggi sekalipun seperti jamur shiitake. Bila ditinjau dari segi agribisnis, jamur tiram saat ini sangat cocok untuk pertanian indonesia mengingat petani-petani indonesia rata-rata tergolong dalam petani kecil. Walaupun pada kenyataannya yang merajai pasar jamur tiram adalah petani bermodal besar, tidak apa asal masih ada hubungan baik dengan petani kecil dan saling mendukung pertanian…

Jenis jamur tiram yang umum dibudidayakan di Indonesia yaitu jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus). Jenis ini sangat mudah ditemui di pasar tradisional terutama di perkotaan. Jenis ini bisa dikatakan sebagai penopang ekonomi keluarga petani sehari-hari karena harganya yang relatif murah sehingga sangat mudah dijual dan memiliki perputaran modal yang cepat.

Sedangkan jenis jamur tiram lainnya sangat jarang ditemui dipasaran. Jenis-jenis ini biasanya memiliki warna yang unik atau berukuran sangat besar sehingga tidak menarik minat dikonsumsi.

Mungkin ada ketakutan dari konsumen yang sebagian besar adalah masyarakat awam terhadap jamur berwarna ini. Mereka khawatir warna tersebut sebagai tanda atau indikator adanya racun sehingga bersikap antipati. Sosialisasi berkelanjutan diharapkan dapat membuka pemikiran konsumen akan jenis-jenis jamur tiram ini sebagai alternatif pangan.

Berikut ini jenis jamur tiram tersebut:

  1. Jamur tiram abu-abu (Pleurotus sajorcaju), warna tudung jamur ini abu kecoklatan sampai kuning kehitaman dengan diameter 6-14 cm.
  2. Jamur tiram coklat (Pleurotus cystidiosus), dikenal dengan nama jamur abalon. Warna tudungnya keputih-putihan atau keabu-abuan sampai abu-abu kecoklatan. Kisaran diameter tudung 5-12 cm.
  3. Jamur tiram merah atau pink (Pleurotus flabellatus), dikenal dengan nama shakura karena tudungnya berwarna kemerahan.

Jenis-jenis jamur tiram tersebut di atas telah banyak dibudidayakan di luar negeri, bahkan penelitian teknik budidaya telah lama dilakukan. Kapan petani Indonesia mulai budidaya jenis jamur tiram eksotik tersebut?? ANDA HARUS TERTANTANG !!!

Posted on Mei 6, 2011, in Agribisnis and tagged . Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Jamur Tiram yang Banyak Dibudidayakan.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: