Apa Niche Agribisnis Jamur Anda???

Apa Niche Agribisnis Jamur Anda???

Pertanyaan “mau jual apa?” atau “mulai dari mana?” sering muncul ketika ingin berwiraswasta. Apapun bidangnya anda pasti pernah menanyakan hal semacam itu, tidak terkecuali di agribisnis jamur konsumsi atau berkhasiat obat yang sedang saya bicarakan ini.

Nah, ada banyak sekali sebenarnya segmen khusus (biasa disebut niche) dalam bisnis jamur. Anda harus bijak menentukan dari awal agar anda bisa fokus di usaha tersebut.

Sebagai contoh, anda berharap bisa menjual jamur konsumsi, semua jamur yang bisa dimakan ingin anda jual. Pertanyaannya apakah anda sanggup menangani ruang lingkup yang begitu luas?? saya rasa tidak. Pilihlah sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang anda miliki.

Berikut ini beberapa niche agribisnis jamur yang bisa anda pertimbangkan saat ingin memulai terjun di bidang jamur:

Niche bibit

Niche ini berada di hulu rantai usaha. Bila anda mampu membuat bibit maka fokuslah dan penuhi permintaan petani-petani yang membuat baglog.

Tidak ada wirausaha tanpa keterampilan. Anda harus menguasai keterampilan menanam dan memiliki sarana prasarana yang dibutuhkan. Kedua syarat tersebut dimaksudkan untuk menekan terjadinya kontaminasi, semua proses pembibitan harus benar-benar diperhatikan dalam keadaan steril.

Niche baglog
Niche ini tidak jauh berbeda dengan niche bibit namun tingkat kerumitannya lebih kecil. niche ini tidak mengharuskan anda terlalu menghindari kontaminasi seperti pada pembibitan.

Pembandingnya saja, pembibitan dilakukan di dalam laminar atau minimal kotak enkas. sedangkan pembuatan baglog hanya dilakukan di ruangan tertutup tanpa laminar. tentu saja hal ini beralasan, akan sangat repot menanam bibit unggul pada baglog produksi di dalam laminal, dijamin tidak akan leluasa menanamnya.

Niche ini mengkhususkan diri untuk menyediakan kebutuhan petani akan baglog untuk budidaya jamur. Apapun jamurnya, seperti contohnya jamur tiram, kuping, merang, shiitake atau ling zhi. Akan lebih baik anda memilih produksi baglog jamur dari satu jenis saja.

Niche alat dan mesin
Bila anda memiliki keahlian membuiat alat atau mesin untuk efektifitas budidaya, niche ini bisa anda pilih. nah, contoh ini yang menggambarkan seorang berlatar belakang bukan pembudidaya dapat ikut terjun di bisnis jamur ini.

Sebagai contoh, anda bisa membuat mesin cetak baglog yang efisien sehinga hasil produksi menjadi tepat dan cepat. atau anda bisa juga sebagai konsultan rancang desain saja.

Niche bangunan kumbung
Ini jelas untuk membuat tempat produksi cocok untuk pertumbuhan jamur dan nyaman bagi yang merawatnya. Anda perlu tahu sumber bahan baku bangunan yang sebagian besar berupa bambu, desain agar terlihat menarik tapi kuat, dan pemilihan tenaga kerja yang terampil.

Niche Pelatihan
Niche ini dapat anda pilih dan lebih baik bilaanda juga sebagai pembudidaya jamur. bagaimana orang akan percaya dengan apa yang anda ajarkan kalau anda tidak punya kumbung jamur?? anda dapat memilih ini jika seandainya anda pandai berbicara atau paling tidak mudah menyampaikan yang di pikiran anda.

hal penting dalam niche ini yaitu penyampaian materi dan keterampilan kepada audien. Semakin banyak bahan yang anda berikan semakin menarik pelatihan jamur anda.

Niche pemasaran / tengkulak
Kalau yang ini hampir semua orang dapat melakukannya. Niche ini dapat anda pilih bila anda memiliki pergaulan yang luas di pasar dan pandai negosiasi. Anda tidak perlu mengetahui seluk beluk budidaya jamur sebelum memulai niche ini.

Niche pascapanen
Jamur-jamur konsumsi umumnya sih dijual dalam keadaan segar karena daya tahannya yang rendah, pasca panen ini yang seharusnya dapat mengatasi hal tersebut sealigus memberi nilai tambah.

Niche ini khusus bagi yang suka masak dan jiwanya tidak jauh dari kompor atau alat pengolahan pascapanen lainnya. Anda dapat mengolah menjadi produk jamur lain seperti nungget, sate jamur, tepung jamur atau puding jamur.

Inti dari artike ini sebenarnya yaitu pilihlah niche yang sesuai dengan anda, sesuai keahlian dan keterampilan anda dan berhubungan dengan budidaya jamur. bagaimana usaha agribisnis anda bisa berjalan dengan abik bila anda salah memilih niche.

Posted on Mei 6, 2011, in Agribisnis and tagged . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Selamat Datang di Situs Resmi Budidaya Jamur Tiram PD. Cahya Mandiri.
    Silahkan tinggalkan komentar atau pesan Anda disini

%d blogger menyukai ini: