Aneka Jamur

Aneka Olahan Makanan dari Jamur Tiram

JAMUR dapat mendatangkan keuntungan maupun kerugian. Ada beberapa jenis jamur yang bisa diolah menjadi aneka makanan lezat. Bahkan, jamur juga bisa menjadi bagian dalam pembuatan obat tradisional. Salah satunya adalah jamur tiram yang akhir-akhir ini banyak dilirik. Jamur yang berwarna putih ini juga dikenal dengan sebutan Shimeji (Jepang), Abalon Mushroom atau Ayster Mushrom (Eropa atau Amerika) dan Supa Liat (Jawa Barat). Jamur ini kandungan gizinya cukup tinggi sehingga cocok bagi yang sedang diet. Salah satu sentra budidaya jamur tiram di Bogor adalah di daerah Cilubang-Ciomas yang dibudidayakan P.D. Cahya Mandiri Mushroom.“Jamur tiram bisa diolah menjadi berbagai makanan, baik disayur maupun dibuat kripik,” . Jamur ini memiliki beberapa warna antara lain, putih, coklat, abu-abu dan kuning serta kemerah-merahan. Sedangkan yang dikembangkan P.D. Cahya Mandiri Mushroom adalah jamur tiram putih (Pleurotus florida). Jamur jenis ini berbentuk bulat agak lonjong melengkung seperti cangkang tiram berwarna putih dan berdaging. Budidaya jamur tiram cukup mudah. Bagi warga yang tidak memiliki lahan yang luas pun bisa melakukannya. Dengan media tanam serbuk gergaji dan telaten untuk menjaga kelembaban suhu. Bila mempunyai lahan cukup luas bisa dengan membuat rumah bambu. Selain dapat disayur, jamur tiram juga dapat diolah menjadi makanan lain, misalnya kerupuk dan keripik. Bahkan, di Eropa dan Amerika jamur tiram sering dikonsumsi langsung dijadikan semacam sayuran pada pembuatan salad. Kandungan gizi di dalam jamur tiram yang cukup banyak membuat banyak orang menyukai untuk mengonsumsinya. (Anik P)-g

Komposisi kimia nutrisi jamur tiram

Komposisi secara global sudah ada tag lain dalam blog ini juga. sedang untuk komposisi yang lebih detil adalag sebagai berikut:

Komposisi asam amino (mg/g berat kering) pada badan buah

a. asam aspartat                17,9

b. treonin                              8,5

c. serin                                 9,7

d. asam glutamat            21,7

e. prolin                               6,0

f. glisin                                 9,0

g. alanin                             12,8

h. sistein                             2,8

i. valin                                 10,7

j. metionin                            4,6

k. isoleusin                         6,6

l. leusin                               12,2

tirosin                                   6,0

fenilalanin                           7,2

histidin                                15,0

lisin                                     9,7

arginin                                 12,i

Komposisi asam lemak pada badan buah (mg/g berat kering)

a. asm palmitat        2,2

b. asam stearat        0,5

c. asam oleat            2,9

asam linoleat            10,3

Sumber pustaka:

Hadar, Y and E. Cohen-Arazi. 1986. Chemical composition of edible mushroom Pleurotus ostreatus produced by fermentation. Appl. environ. microbiol. 51: 1352 – 1354.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: